Iklan

Ad Unit (Iklan) BIG

Korea Selatan, Salah Satu Kekuatan Ekonomi Asia

Post a Comment

Korea Selatan merdeka dari Jepang pada tanggal 15 Agustus 1945, dua hari sebelum Republik Indonesia mendeklarasikan kemerdekaan. Wilayah Korea Selatan meliputi bagian selatan semenanjung Korea. Negara ini berbatasan dengan Korea Utara, Laut Kuning, Jepang, dan Selat Korea. Korea Selatan merupakan salah satu negara maju di Benua Asia. Asumsi tersebutdapat dilihat dari tingkat pertumbuhan penduduk yang cukup rendah, yaitu 0,18% pada tahun 2013. Pada bulan Juli 2013jumlah penduduk di Korea Selatan yaitu 48.955.203 jiwa yang menghuni wilayah seluas 99.720 km². 

Perjalanan perekonomian Korea Selatan cukup mengagumkan. Pada tahun 1960 negara ini masih menjadi bagian dari negara miskin. Seiring perjuangan yang seolah tidak pernah berhenti, pada tahun 2004 perekonomian Korea Selatan nyaris sebanding dengan negara-negara maju di dunia. Berdasarkan analisis Central Intelligence Agency, saat ini perekonomian Korea Selatan menempati peringkat ke-12 di dunia.

Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara menerapkan teknologi canggih. Bahkan, negara ini banyak warganyaa menggunakan robot untuk membersihkan rumah dan sekolah. Sektor industri dapat disebut sebagai tulang punggung perekonomian Korea Selaran. Asumsi tersebut tercermin dari banyaknya unit usaha industri berskala internasional di negara ini. Unit usaha yang dimaksud antara lain Samsung Electronics, Hyundai Motor Company, dan LG Electronics. Adapun produk industri yang dihasilkan natara lain alat komunikasi, kendaraan bermotor, baja, dan bahan kimia.

Oleh karena sebagian produk industri negara ini telah menjadi merek global, tidak mengherenkan jika Korea Selatan menjadi salah satu dari sepuluh negara dengan nilai ekspor tertinggi di dunia. Berdasarkan Central Intelligence Agency, nilai ekspor Korea Selatan mencapai 552,7 juta dolas AS pada tahun 2012.


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter