Iklan

Ad Unit (Iklan) BIG

Jepang, Eksportir Produktif Industri

Post a Comment

Jepang merpakan negara kepulauan yang ada di Asia Timur. Negara Jepang memiliki luas keseluruhan 377.915 km². Berdasarkan data yanga da, terdapat sekira 3.000 pulau di negara ini. Pulau yang tergolong besar antara lain Pulau Hokkaido (Yeso), Pulau Honshu (Hondo), Pulau Shikoku, dan Pulau Kyushu. Dijatuhkannya bom atom di kota Nagasaki dan Hiroshima telah memporakporandakan perekonomian dan mengakibatkan jatuhnya korban sampai ribuan jiwa tidak membuat negara Jepang mundur. Setelah peristiwa itu, Perdana Menteri Jepang Hirohito menyampaikan pidato yang fundamental dan menjadi titik awal kebangkitan masyarakat Jepang "...ini merupakan kelahiran kembali negara Jepang...". Seluruh rakyat Jepang menyambutnya dengan semangat yang membara.

Kini Jepang menjadi salah satu negara maju. Laju pertumbuhan penduduk di Jepang cukup rendah. Bahkan, pada tahun 2013 diperkirakan laju pertumbuhan penduduk di negara ini hanya -0,1%. Salah satu penyebab rendahnya tingkat pertumbuhan penduduk di negara yang tidak pernah dijajah negara lain ini ialah kecenderungan masyarakat Jepang menunda pernikahan.

Pada tahun 2013 jumlah penduduk di Jepang tercatat 127.253.075 jiwa (estimasi CIA). Sebagian besar penduduk di negar ini merupakan usia produktif, 15-54 tahun. Sebagian besar penduduknya berada pada usia produktif, jumlah pengangguran di negara ini hanya mencapai 4,4% pada tahun 2012. Sementara itu, pendapatan per kapita berada pada kisaran 35.143 dollar AS/ tahun. Jumlah pendapatan tersebut menempatkan negara ini dalam daftar dua puluh besar negara yang memiliki pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

Industri manufaktur merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Jepang. Produk yang dihasilkan sangat beragam, seperti motor, mobil, robot, dan aneka mesin dengan teknologi mutakhir. Sebagian besar produk tersebut menjadi komoditas ekspor yang menghasilkan banyak devisa bagi negara ini.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter