Iklan

Ad Unit (Iklan) BIG

Soal & Kunci Jawaban Pemikiran yang Melandasi Peristiwa Penting di Eropa serta Pengaruhnya di Indonesia

1 comment
Kumpulan Soal & Kunci Jawaban Pemikiran yang Melandasi Peristiwa Penting di Eropa serta Pengaruhnya di Indonesia

1. Abad XV dianggap sebagai periode penting bagi perkembangan kehidupan masyarakat Eropa karena ...
a. banyak penemuan yang memudahkan manusia memenuhi kebutuhannya
b. masyarakat mulai mempertanyakan kebenaran pendapat yang diutarakan filsuf kuno Eropa
c. ilmu pengetahuan dan teknologi dianggap sebagai aspek yang harus dipahami setiap manusia
d. dogma gereja dianggap sebagai sesuatu yang harus ditaati ooleh setiap manusia
e. masyarakat mulai bangkit dari zaman kegelapan dengan mempertanyakan tradisi yang selama ini diterapkan
Jawaban : E

2. Perhatikan indikator berikut!
    1) Renaisans
    2) Imprealisme
    3) Reformasi Gereja
    4) Revolusi Industri
    5) Revolusi Amerika
Pemikiran dan peristiwa penting yang memengaruhi masyarakat Eropa setelah abad pertengahan ditunjukkan oleh angka ...
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 4)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)
Jawaban : B

3. Tonggak awal kemajuan masyarakat Eropa pada masa renaisans ditandai dengan ...
a. penghapusan dogma-dogma gereja dalam kehidupan masyarakat
b. pembentukan stratifikasi masyarakat Eropa yang lebih sistematis
c. kemampuan masyarakat menggunakan nalar untuk berpikir
d. penggantian sistem feodalisme dengan sistem kapitalisme 
e. pembatasan keikutsertaan gereja dalam aktivitas politik
Jawaban : C

4. Perhatikan tabel berikut!
 No.X
1) Golongan cendekiawan mulai melepaskan diri dari kuasa firman Tuhan.
2) Doktrinasi gereja yang begitu kuat.
3) Kehidupan seseorang selalu dikaitkan dengan tujuan akhir (ekstologi).
 No.  Y
 1) Ilmu pengetahuan dan kebudayaan mulai bertentangan dengan pandangan gereja.
 2) Pemikiran tentang ilmu pengetahuan sebagian besar diarahkan pada teologi.
 3) Adanya ketertarikan kembali terhadap kebudayaan dan filsafat Yunani serta Romawi Kuno.
Keterangan yang mendeskripsikan kondisi pemikiran manusia pada abad pertengahan ditunjukkan oleh kombinasi ...
a. X1), X2), dan Y1)
b. X1), X2), dan Y2)
c. X1), X3), dan Y2)
d. X2), X3), dan Y2)
e. X2), X3), dan Y3)
Jawaban : D

5. Pada masa renaisans pengaruh gereja melemah. Salah satu penyebabnya adalah ...
a. masyarakat tidak ingin lagi terikat dengan doktrin gereja
b. gereja sudah tidak berwenang mengeluarkan dogma-dogma di tengah masyarakat
c. gereja berusaha membatasi kreativitas yang dikembangkan beberapa filsuf
d. gereja dianggap tidak mampu menciptakan kesejahteraan sosial masyarakat
e. masyarakat mulai dapat menafsirkan isi Alkitab sesuai pandangannya sendiri
Jawaban : A

6. Tokoh pemikir periode renaisans yang hasil pemikirannya mendorong kegiatan penjelajahan samudra ditunjukkan oleh pilihan ...
 a- Leonardo da Vinci
- William Harvey
 b- Jan Hus
- John Waycliffe
 c- Desierus Erasmus
- Michaelangelo
 d- Desierus Erasmus
- Michaelangelo
 e- Bartholomeus Diaz
- Christophourus Columbus
Jawaban : D

7. Dalam merkantilisme, kemakmuran setiap negara ditentukan oleh ...
a. jumlah aset yang dimiliki oleh negara tersebut
b. jumlah tenaga kerja yang mencukupi bagi kegiatan industri
c. volume kerja sama internasional yang dijalin negara tersebut
d. kemampuan sebuah negara mengeksplorasi sumber daya alam
e. kemampuan penduduk menciptakan aktivitas perdagangan yang sehat
Jawaban : A

8. perhatikan gambar berikut!











Dalam konsep merkantilisme, benda pada gambar di atas dijadikan sebagai ...
a. komoditas perdagangan negara
b. ukuran kekayaan suatu negara
c. alat pembayaran yang sah
d. cadangan devisa negara
e. modal aktivitas industri
Jawaban : B

9. Gerakan Prosestan yang muncul pada tahun 1930 di Eropa dilatarbelakangi oleh ...
a. perselisihan antara pihak gereja dan kalangan umat Katolik
b. penolakan gereja di Wittenberg terhadap 95 dalil yang disampaikan Martin Luther
c. kekuasaan paus yang merangkap pemimpin agama dan negara
d. pemberian pengajaran oleh gereja kepada masyarakat mengenai isi Alkitab
e. desakan mengembalikan ajaran agama sesuai Alkitab dan ajaran Kristen awal
Jawaban : E

10. Gerakan Kontrareformasi yang berkembang abad XVI dimulai sejak ...
a. gereja Katolik menjual surat pengampunan dosa (Aflat) secara bebas
b. Raja Henry VIII mendirikan gereja Anglikan dan menolak supremasi paus di Inggris
c. Paus Pius V mendorong pengajaran dan penyebaran agama melalui ordo biarawan
d. geraja di Jerman dan Swiss menolak Reformasi Gereja yang diusulkan Martin Luther
e. Johannes Calvin berhasil mendorong Belanda membentuk gerakan anti-reformasi Gereja
Jawaban : C

11. Dampak Reformasi Gereja yang berkembang pada abad XVI bagi agama Nasrani adalah ...
a. pemimpin agama Nasrani mewajibkan setiap pemeluknya memiliki pendidikan tinggi
b. kekuasaan paus sebagai pemimpin tertinggi agama Nasrani mulai berkurang
c. agama Nasrani terpecah menjadi dua, yaitu Katolik Roma dan Kristen Protestan
d. beberapa negara besar tidak mengakui paus sebagai pemimpin tertinggi agama Nasrani
e. pendirian lembaga pendidikan gereja untuk mendidik para biarawan, biarawati, dan imam
Jawaban : C

12. Perhatikan faktor-faktor berikut!
    1) Perkembangan humanisme yang menyebabkan banyak orang dapat membaca Alkitab.
    2) Adanya penyimpangan yang dilakukan oleh gereja Kaolik, seperti penjualan surat Aflat.
    3) Adanya perdebatan antara rasio dan akal.
    4) Rakyat dipaksa mengikuti dogma-dogma gereja.
    5) Gereja menganggap kreativitas manusia berlawanan dengan dogma gereja.
Faktor-faktor yang melatarbelakangi munculnya aufklarung di Eropa pada abad XVI ditunjukkan oleh angka...
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 4)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)
Jawaban : E

13. Perhatikan tabel tokoh pendukung aufklarung dan pendapatnya berikut!
 No.Tokoh Pendapat
1) Christian Wolff Filsafat ilmu pengetahuan sangat penting bagi perkembangan pemikiran manusia. Oleh karena itu, ia berusaha menciptakan susunan sistem filsafat yang lebih didaktis, sistem gagasan yang jelas, dan sistem penguraian yang tegas. 
2) Eduard Herbert Akal memiliki otonomi mutlak di setiap aliran agama. Atas dasar tersebut, ia menentang segala kepercayaan yang didasarkan pada dogma.
3) X Menyarankan agar pembaruan dan pencerahan tidak hanya diterapkan pada kehidupan beragama, tetapi juga pada ilmu pengetahuan dan kebudayaan.
Jawaban tepat untuk mengisi kotak "X" di atas adalah ...
a. Jean Jacques Rousseau
b. Christian Thomasius
c. Samuel Pufendorff
d. Immanuel Kant
e. Voltaire
Jawaban : A

14. Salah satu aspek yang menandai penerapan Revolusi Industri adalah ...
a. penerapan pajak bagi aktivitas industri milik swasta
b. pemberlakuan logam mulia sebagai modal untuk mendirikan pusat industri
c. pendirian industri baru di negara jajahan dan koloni milik Inggris
d. perubahan pola industri dari sistem manual menjadi sistem mesin
e. penguasaan penuh segala bentuk aktivitas industri oleh negara
Jawaban : D

15. Akibat Recolusi Industri, beberapa negara mampu berkembang menjadi negara industri yang kuat. Negara-negara tersebut ditunjukkan oleh pilihan ...
 a.b.c. d.  e. 
Inggris
Amerika Serikat
Jerman
Belanda
Inggris
Amerika Serikat
Jerman
Rusia
Inggris
Amerika Serikat
Jerman
Spanyol
Inggris
AmerikaSerikat
Jerman
Prancis
Inggris
AmerikaSerikat Jerman 
Jepang
Jawaban : D

16. Dampak pemikiran dan peristiwa penting di Eropa pada abad XV-XVIII adalah ...
a. terjadi persentuhan antara dunia Barat dan dunia Timur
b. Eropa berubah menjadi pusat perkembangan berbagai agama
c. banyak masyarakat Asia dan Afrika yang bermigrasi ke Eropa
d. Eropa menjadi pelopor bagi kegiatan imprealisme dan kolonialisme
e. kebudayaan Romawi dan Yunani Kuno kembali diikembangkan masyarakat dunia
Jawaban : A

17. Perhatikan keterangan berikut!
    1) Berdirinya berbagai industri di Indonesia pada masa kolonial Belanda.
    2) Praktik kolonialisme Belanda di Indonesia.
    3) Banyaknya bangunan berarsitektur Barat di Indonesia.
    4) Berkembangnya paham-paham baru di Indonesia seperti liberalisme dan kapitalisme
Faktor-faktor penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit ditunjukan oleh indikator angka...
a. 1), dan 2)
b. 1), dan 3)
c. 2), dan 3)
d. 2), dan 4)
e. 3), dan 4)
Jawaban : D

18. Praktik kolonialisme Barat di Indonesia dimulai sejak ...
a. VOC memanfaatkan konflik-konflik di kerajaan setempat
b. bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudrea pada abad XIV
c. VOC menerapkan praktik monopoli perdagangan di Indonesia pada abad XVII
d. Belanda melakukan perdagangan rempah-rempah di Kepulauan Indonesia
e. kongsi dagang Inggris menujuk Raffles sebagai gubernur jenderal di Hindia Belanda
Jawaban : C

19. Dampak kesepakatan Konvensi london pada tahun 1814 bagi Indonesia adalah ...
a. pemerintah Belanda mengambil alih kekuasaan VOC di Indonesia
b. Inggris harus menyerahkan kembali Indonesia kepada pemerintah Belanda
c. VOC harus menyerahkan pusat perdagangannya di Indonesia kepada EIC
d. Inggris menunjuk Raffles untuk menggantikan Lord Minto sebagai wakil Inggris di Indonesia
e. VOC memberikan kebebasan kepada penguasa lokal Indonesia untuk menjalankan aktivitas perdagangan
Jawaban : B

20. Perhatikan keterangan berikut!
    1) Merupakan paham yang menginginkan suatu masyarakat memiliki kebebasan berpikir bagi setiap         individu.
    2) Menolak adanya pembatasan.
    3) Menghendaki adanya pertukaran gagasan yang bebas, ekonomi pasar yang mendukung usaha             pribadi yang relatif bebas, sistem pemerintahan yang transparan, dan menolak pembatasan terhadap         kepemilikan individu.
Keterangan di atas terkait dengan perkembangan paham-paham baru di Indonesia pada akhir abad XX yaitu ...
a. sosialisme
b. kapitalisme
c. kolonialisme
d. imprealisme
e. liberalisme
Jawaban : E

21. Perhatikan gambar berikut!












Pengoperasian bangunan pada gambar diatas dipengaruhi oleh berlangsungnya ...
a. renaisans
b. aufklarung
c. merkantilisme
d. Revolusi Gereja
e. Revolusi Industri
Jawaban : E

22. Pada tahun 1872 perusahaan Nederlandsch Inlandsche Spoorweg (NIS) membangun jaringan kereta api di Jawa Tengah untuk mengangkut gula. Dalam jangka waktu lima tahun setelah jaringan kereta api dibangun, jumlah pengiriman gula meningkat 270%. Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa ...
a. pembangunan jaringan kereta api di Jawa Tengah telah meningkatkan keuntungan dalam bidang industri gula
b. pemerintah kolonial Belanda berusaha mengambil keuntungan dari aktivitas industri dulaa di Jawa Tengah
c. wilayah Jawa Tengah sangat tepat digunakan untuk mengembangkan transportasi dan industri
d. industri gula di Jawa Tengah sangat bergantung pada jaringan transportasi kereta api
e. transportasi meruapakan satu-satunya faktor yang dapat meningkatkan aktivitas industri
Jawaban : A

23. Perhatikan tebel berikut!
 No.X
1) Muncul komoditas baru dalam sektor perdagangan.
2) Muncul sistem sewa tanah.
3) Keuntungan industri dapat digunakan untuk membangun jaringan transportasi.
 No.  Y
 1) Pengolahan bahan mentah menjadi komoditas perdagangan semakin cepat.
 2) Berdirinya bank-bank kredit untuk membiayai aktivitas industri.
 3) Muncul sistem ekonomi liberal akibat peralihan sistem ekonomi masyarakat.
Industralisasi yang dijalankan pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia pada akhir abad XIX hingga awal abad XX berdampak pada keterangan yang ditunjukkan oleh kombinasi ...
a. X1), X2), dan Y1)
b. X1), X2), dan Y2)
c. X1), X2), dan Y3)
d. X2), X3), dan Y2)
e. X2), X3), dan Y3)
Jawaban : C

24. Dampak positif dari sistem pendidikan Belanda di Indonesia pada awal abad XX adalah ...
a. bahasa Melayu diperbolehkan menjadi bahasa pengantar dalam aktivitas pendidikan
b. banyak penduduk pribumi yang dipercaya menduduki jabatan penting dalam pemerintahan
c. pembangunan sekolah lokal untuk mengakomodasi keinginan belajar mesyarakat Indonesia
d. muncul kaum intelektual muda yang kemudian berperan besar dalam pergerakan nasional Indonesia
e. muncul kelompok guru pribumi yang mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia pada awal abad XX
Jawaban : D

25. Perhatikan tabel berikut!
 No.Sekolah Pengertian
1) Opleidingscholen Voor Inlandsche Ambrtenaren (OSVIA) Sekoalh pejabat pribumi. 
2) School Tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) X
3) Rechts Hoogeschool Sekolah tinggi hukum
Jawaban yang tepat untuk mengisi kotak X di atas adalah ...
a. sekolah tinggi teknik
b. sekolah dokter bumi
c. sekolah tinggi pertanian
d. sekolah menengah atas
e. sekolah menengah pertama
Jawaban : B

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter