Iklan

Ad Unit (Iklan) BIG

Geografi Ekonomi: Munculnya Revolusi E-Commerce

Post a Comment
Trend E-Commerce Tahun 2013-2014
  • Perkembangan e-commerce sosial, lokal, dan mobile
  • Mobile platform menjadi musuh PC platform
  • Pertumbuhan cloud computing
  • Ledakan pertumbuhan "Big Data"
  • E-books mulai diterima luas
  • Pertumbuhan 'user-generated content'

The First 30 Seconds
1. 17 tahun pertama e-commerce
  • Permulaan 
  • Perubahan dan pertumbuhan cepat

2. Teknologi tumbuh dan berevolusi secara exponential
  • Perubahan disrupsi bisnis
  • Kesempatan baru muncul

Apakah itu E-Commerce?
  • Penggunaan internet dan web untuk transaksi bisnis
  • Secara formal: transaksi commercial yang tersedia secara digital antara lintas organisasi/ perusahaan maupun individu

E-Commerce vs. E-Bussiness
E-Bussiness: 
a) digitalisasi transaksi dan proses yang terjadi di dalam perusahan, melibatkan sistem informasi yang dikendalikan oleh perusahaan, 
b) tidak termasuk transaksi komersial yang melibatkan pertukaran nilai di luar organisasi/ perusahaan.

 

 Mengapa mempelajari E-Commerce

  • Teknologi e-commerce berbeda, lebih kuat dari teknologi sebelumnya
  • E-commerce membawa perubahan fundamental terhadap perdagangan
  • Perdagangan tradisional: a) konsemen sebagai target pasif, b) orientasi pemasaran-massal, c) orientasi tenaga penjual, d) harga tetap, e) informasi asimetrik


Delapan Fitur Unik Teknologi E-Commerce
1. Ubiquity (Tersedia masif dan mudah ditemui)
2. Global reach (Mencapai pasar global)
3. Universal standards (Standarlebih umum)
4. Information richness (Keragaman informasi)
5. Interactivity (Interaktif)
6. Information density (Kedalaman informasi)
7. Personalization/ customization (Kustom)
8. Social technology (Teknologi sosial)

Web 2.0
Aplikasi 'user-centered' dan teknologi sosial media
a) Komunikasi dan konten 'user-generated'
b) Komunitas sosial, sangat interaktif
c) Audiens luas, mayoritas bisnis modal yang belum terbukti berhasil
d) Contoh: Twitter, YouTube, Instagram, Wikipedia, Tumblr


Apakah aplikasi smartphone (Apps) akan membuat web menjadi tidak relevan?
  • Apakah keuntungan dan kerugian apps, jika dibandingkan dengan website, untuk pengguna mobile?
  • Apakah keeuntungan apps untuk pemilik konten dan kreator?
  • Apakah apps akhirnya akan membuat website menjadi tidak relevan? Mengapa atau mengapa tidak?

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter