Iklan

Ad Unit (Iklan) BIG

Definisi Evaporasi Secara Umum dan Menurut Ahli

Post a Comment

Secara umum definisi evaporasi adalah proses penguapan air dari tubuh perairan, baik darat (sungai, danau, waduk, rawa), dan perairan laut. Adapun definisi evaporasi menurut para ahli adalah sebagai berikut :

  1. Menurut Robert B. long (1995), menjelaskan bahwa pengertian evaporasi diartikan sebagai proses penguapan daripada liquid (cairan) dengan penambahan panas.
  2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), evaporasi adalah proses yang terjadi apabila jumlah molekul yang keluar dari permukaan lebih besar daripada jumlah yang kembali ke permukaan air; proses perubahan molekul zat cair menjadi gas atau uap air; penguapan.
  3. Menurut Warren L. Mc Cabe (1999), mengemukakan bahwa pengertian evaporasi (penguapan) dapat diartikan sebagai perpindahan kalor ke dalam zat cair yang dapat mendidih. Panas tersebut dapat disuplai dengan macam-macam cara, baik secara alami dan penambahan steam.
  4. Menurut Lakitan (1994), evaporasi adalah salah satu komponen siklus hidrologi, yaitu peristiwa menguapnya air dari permukaan air, tanah dan bentuk permukaan bukan dari vegetasi lainnya. Evaporasi merupakan proses penguapan air yang berasal dari permukaan bentangan air atau dari bahan padat yang mengandung air.
  5. Menurut Manan dan Suhardianto (1999), evaporasi (penguapan) adalah perubahan air menjadi uap air. Air yang ada di bumi bila terjadi proses evaporasi akan hilang ke atmosfer menjadi uap air. Evaporasi dapat terjadi dari permukaan air bebas seperti bejana berisi air, kolam, waduk, sungai ataupun laut. Proses evaporasi dapat terjadi pada benda yang mengandung air, lahan yang gundul atau pasir yang basah. Pada lahan yang basah, evaporasi mengakibatkan tanah menjadi kering dan dapat memengaruhi tanaman yang berada di tanah itu. Mengetahui banyaknya air yang dievaporasi dari tanah adalah penting dalam usaha mencegah tanaman mengalami kekeringan dengan mengembalikan sejumlah air yang hilang karena evaporasi.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter