Iklan

Ad Unit (Iklan) BIG

Soal & Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 1 Indonesia pada Masa Pendudukan Jepang

Post a Comment

 


Soal & Kunci Jawaban Indonesia pada Masa Pendudukan Jepang

1. Sebelum kedatangannya ke Indonesia, Jepang mampu menguasai wilayah- wilayah di kawasan Asia Pasifik dan Asia Tenggara dengan mudah. Kondisi tersebut terjadi karena ...

a. Jepang membagi pasukannya ke dalam Angkatan Laut dan Angkatan Darat
b. pasukan Jepang gagal menghancurkan pangkalan militer Amerika Serikat
c. pangkalan militer Pearl Harbour milik Amerika Serikat berhasil dihancurkan Jepang
d. pasukan Sekutu tidak menduduki wilayah Asia Tenggara
e. Angkatan Darat dan Angkatan Udara milik Jepang lebih kuat dibanding pasukan Sekutu
Jawaban : C

2. Perhatikan tabel berikut!
Dalam upaya mengadapi serbuan Jepang, Sekutu membentuk pasukan ABDACOM. Pasukan ABDACOM terdiri atas negara- negara yang ditunjukkan oleh kombinasi ...
a. XI), X2), dan Y1)
b. XI), X3), dan Y2)
c.  X2), X3), dan Y3)
d. X3), Y1), dan Y2)
e. X3), Y2), dan Y3)
Jawaban : A

3. Tarakan, Balikpapan, Samarinda, dan Kotabangun merupakan kota-kota pertama yang berhasil dikuasai Jepang pada awal 1942. Penguasaan kota- kota tersebut pada dasarnya bertujuan untuk ...
a. memudahkan jalan Jepang menyerbu Pulau Jawa
b. mengambil alih pusat pemerintahan Hindia Belanda
c. menguasai daerah yang subur untuk lahan perkebunan
d. menguasai daerah yang kaya akan sumber minyak bumi
e. menyusun kekuatan untuk menghadapi pertempuran di Laut Jawa
Jawaban : D

4. Setelah Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang melalui Kapitulasi Kalijati, Jepang mulai mempropagandakan tujuannya datang ke Indonesia. Tindakan tersebut dilakukan karena ...
a. rakyat Indonesia membenci keberadaan pasukan Jepang
b. rakyat Indonesia mempercayai ramalan Joyoboyo
c. kedatangan Jepang disambut baik oleh rakyat Indonesia
d. pasukan Jepang membenci penduduk Eropa di Indonesia
e. pasukan Belanda menolak meninggalkan wilayah Indonesia
Jawaban : C

5. Selama menduduki wilayah Indonesia, Jepang membentuk pemerintahan militer yang terdiri beberapa wilayah. Latar belakang pembentukan pemerintahan militer oleh Jepang adalah ...
a. perbedaan kekayaan alam di setiap wilayah di Indonesia
b. perbedaan kepentingan Jepang di setiap wilayah Indonesia
c. pembubaran organisasi pergerakan nasional oleh Jepang
d. pemerintahan militer akan melibatkan seluruh rakyat Indonesia
e. propaganda Jepang yang membawa kemakmuran bagi wilayah Asia Timur Raya
Jawaban : B

6. Setelah membentuk pemerintahan militer di Indonesia, Jepang tetap mempertahankan beberapa jabatan warisan pemerintahan Hindia Belanda. ketentuan mengenai hal tersebut diatur dalam ...
a. Osamu Seirei Nomor 1
b. Osamu Seirei Nomor 4
c. Osamu Seirei Nomor 44
d. Undang- Undang Nomor 27
e. Undang- Undang Nomor  28
Jawaban : A

7. Jepang masih mengakui pegawai Belanda asal menunjukkan kesetiaan kepada Jepang. Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa ...
a. Belanda masih memengaruhi pemerintahan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang
b. Jepang tetap mempertahankan beberapa jabatan warisan pemerintah Hindia Belanda
c. Jepang berusaha mengombinasikan sistem pemerintahan Hindia Belanda dan Jepang
d. Jepang belum mampu memengaruhi sistem pemerintahan warisan Hindia Belanda
e. birokrat Belanda dianggap masih berguna bagi kemajuan bangsa Indonesia 
Jawaban : B

8. Chuo Sangi In merupakan salah satu lembaga bentukan Jepang. Lembaga tersebut memiliki tugas utama yaitu ...
a. mengawasi pemerintahan yang dijalankan gunseikan 
b. mendukung kelancaran pemerintahan militer dan sipil
c. mengatur peredaran mata uang Belanda dalam masyarakat
d. mengajukan usul yang berkaitan dengan masalah politik
e. menjalankan pemerintahan di kota istimewa (tokubetsushi)
Jawaban : D

9. Pada 1943 Jepang memperkenalkan kebijakan seiji sanyo (partisipasi politik). kebijakan ini bertujuan ...
a. menjalankan pemerintahan sipil di Indonesia
b. mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia
c. menarik simpati dan dukungan rakyat Indonesia
d. mendorong mobilitas sosial vertikal rakyat Indonesia
e. mendukung upaya Jepang dalam Perang Pasifik
Jawaban : C

10. Perhatikan sistem pemerintahan daerah berikut!
1) Syu
2) Son
3) Syi
4) Ku
5) Gun 
6) Ken
Urutan sistem pemerintahan sipil pada masa pendudukan Jepang yang tepat ditunjukkan oleh angka ...
a. 5), 1), 2), 3), 6), dan 4)
b. 4), 1), 3), 6), 5), dan 2)
c. 3), 1), 6), 2), 5), dan 4)
d. 2), 4), 1), 3), 6), dan 5)
e. 1), 3), 6), 5), 2), dan 4)
Jawaban : E

11. Salah satu kebijakan Jepang selama berkuasa di Indonesia aadalah mebentuk berbagai organisasi sosial. Organisasi- organisasi sosial tersebut dibentuk dengan tujuan ...
a. mengakomodasai pergerakan yang dilakukan kaum nasionalis
b. mendorong kaum nasionalis untuk mendukung kepentingan Jepang
c. mengakomodasi gerkaan "bawah tanah" yang dibentuk kaum muslim
d. memberi kesempatan kepada kaum nasionalis ikut dalam pemerintahan
e. membubarkan organisasi- organisasi pergerakan pada masa kolonial Belanda
Jawaban : A

12. Pada 9 Maret 1943 pemerintah militer Jepang mengumumkan pembentukan Putera. Pembentukan Putera dilatarbelakangi oleh ...
a. pembentukan organisasi militer dan semi militer
b. kegagalan Gerakan Tiga A mencapai tujuannya
c. kepopuleran tokoh Empat Serangkai dalam masyarakat
d. pembubaran organisasi- organisasi pergerakan nasional
e. kebutuhan untuk memobilisasi massa demi kepentingan Jepang
Jawaban : B

13. Perhatikan pernyataan- pernyataan berikut!
1) Mengambil bagian dalam upaya mempertahankan Asia Raya.
2) Memebentuk komite nasional untuk menyebarkan propaganda Jepang.
3) Mengidentifikasi pelajaran- pelajaran bahasa jepang
4) Memperkuat rasa persaudaraan Jepang- Indonesia
5) Mengharmoniskan ajaran Islam dengan tuntutan perkembangan zaman
Kewajiban Putera yang harus dipertanggungjawabkan kepada pemerintah Jepang ditunjukkan oleh angka ...
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 4)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)
Jawaban : B

14. Majelis Islam A'la Indonesia (MIAI) merupakan satu- satunya organisasi pergerakan nasional yang tidak dibubarkan Jepang pada masa pendudukannya. Jepang justru berupaya menjalin kerja sama dengan MIAI karena ...
a. MIAI dinilai sebagai organisasi yang anti Barat
b. mayoritas pasukan Jepang memeluk agama Islam
c. organisasi MIAI didirikan oleh salah satu tokoh Putera
d. MIAI menerbitkan majalah sebagai sarana propaganda Jepang
e. kepengurusan MIAI dipegang oleh Muhammadiyah dengan Nahdatul Ulama
Jawaban : A

15. Keterangan yang terkait dengan Gerakan Tiga A adalah ...
a. memiliki kegiatan yang menonjol yaitu baitul mal
b. Gerakan Tiga A dipimpin oleh Empat Serangkai
c. didirikan pada 1973 dan dipimpin oleh K.H. Mas Mansur
d. memiliki tugas menghapus pengaruh Amerika, Inggris, dan Belanda
e. memiliki semboyan Nippon Cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia, dan Nippon Pemimpin Asia.
Jawaban : E

16. Perbedaan Jawa Hokokai dan organisasi sosial kemasyarakatan lainnya adalah ...
a. tidak dipimpin oleh orang-orang Indonesia, tetapi dipimpin oleh gunseikan
b. bertujuan ekonomis, bukan untuk mengerahkan tenaga rakyat
c. tidak diisi oleh orang- orang Indonesia sebagai anggota
d. didirikan atas usulan tokoh nasionalis Indonesia
e. bukan organisasi bersifat sosial, melainkan bersifat semimiliter
Jawaban : A

17. Perhatikan organisasi- organisasi militer dan semimiliter berikut!
1) Barisan Pelopor
2) Keibodan
3) Heiho
4) Seinendan
Organiasasi bentukan Jepang yang berada langsung di bawah pimpinan gunseikan ditunjukkan oleh angka ...
a. 1), dan 2)
b. 1), dan 3)
c. 2), dan 3)
d. 2), dan 4)
e. 3), dan 4)
Jawaban : D

18. Pada masa kekuasaannya di Indonesia, Jepang membentuk organisasi wanita yaitu Fujinkai. Kegiatan Fujinkai bertujuan ...
a. melucuti tentara Belanda
b. menjalankan tugas kepolisian
c. meringankan penderitaan rakyat
d. mengumpulkan hasil bumi kepada Jepang
e. mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
Jawaban : C

19. Heiho merupakan salah satu organisasi militer yang dibentuk Jepang. Anggota Heiho mendapat latihan lebih berat dibandingkan organisasi- organisasi lainnya karena ...
a. syarat  menjadi anggota Heiho sangat ketat
b. Heiho memiliki jumlah anggota paling banyak
c. anggota Heiho dipersiapkan sebagai pengganti prajurit Jepang
d. Heiho langsung ditempatkan dalam organisasi militer Jepang
e. para pemuda Indonesia diberik kesempatan menjadi perwira Heiho
Jawaban : C

20. Pada dasarnya pembentukan Peta bertujuan mempertahankan wilayah Indonesia dari serangan Sekutu. pembentukan Peta memberi dampak bagi bangsa Indonesia berupa ...
a. meingkatkan sikap toleransi para pemuda Indonesia
b. mendorong munculnya tokoh- tokoh militer besar di Indonesia
c. mendorong munculnya tokoh- tokoh terpelajar dari golongan pribumi
d. menyebabkan runtuhnya hegemoni pasukan yang dibentuk Belanda
e. menaikkan kedudukan pemuda Indonesia di mata Jepang
Jawaban : B

21. Perlawanan- perlawanan rakyat Indonesia pada masa pendudukan Jepang dilatarbelakangi oleh ...
a. kebijakan rehabilitasi perkebunan tebu dan kina
b. pembentukan organisasi- organisasi militerr yang memberatkan 
c. sistem ekonomi Perang Jepang yang gagal mencapai swasembada pangan
d. pengambilalihan sumber- sumber minyak bumi oleh pasukan ABDACOM
e. praktik eksploitasi sumber daya alam dan sumber daya manusia secara besar- besaran
Jawaban : E

22. Salah satu dampak kebijakan ekonomi perang yang diterapkan Jepang adalah kemunduran sektor perkebunan. Kondisi tersebut terjadi karena ...
a. perkebunan di Indonesia dialihfungsikan menjadi lahan pertanian
b. Jepang memutus hubungan dagang dengan negara- negara Eropa
c. Jepang hanya memperbolehkan tanaman kina di setiap perkebunan
d. permintaan pasar internasional terhadap tanaman perkebunan di Indonesia menurun
e. tanaman perkebunan tidak diperjualbelikan di pasar Internasional
Jawaban : B

23. Sistem ekonomi perang juga menyebabkan penerapan sistem autarki di wilayah Indonesia. Ciri pelaksanaan sistem autarki adalah ...
a. setiap daerah diharuskan membuka hutan untuk lahan pertanian
b. setiap daerah perlu membangun lumbung desa untuk persediaan pangan
c. setiap petani harus menyetorkan 40% hasil panen mereka kepada Jepang
d. setiap daerah harus memenuhi kebutuhannya sendiri dan kebutuhan perang
e. setiap rakyat diwajibkan menanam tanaman jarak untuk keperluan Jepang
Jawaban : D

24. Pada masa pendudukan Jepang pendidikan di Indonesia mengalami kemunduran. Indikator yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah ...
a. penetapan satu masam jenjang pendidikan dasar selama satu tahun
b. jumlah murid sekolah dasar di Indonesia mengalami penurunan
c. bahasa Indonesia tidak dijadikan bahsa pengantar di sekolah- sekolah
d. seluruh sekolah bercoorak Belanda dibekukan oleh Jepang
e. adat istiadat Jepang diajarkan di sekolah- sekolah
Jawaban : B

25. Perkembangan pesat bahasa Indonesia pada masa pendudukan Jepang merupakan salah satu dampak positif pendudukan Jepang. Kondisi tersebut terjadi karena ...
a. Jepang berkomunikasi dengan rakyat Indonesia menggunakna bahasa Indonesia
b. Jepang mengizinkan pembentukan Komisi Penyempurnaan Bahasa Indonesia
c. bahasa Indonesia dipakai sebagai bahasa pengantar sehari- hari
d. Jepang memberikan perhatian khusus untuk bahasa Indonesia
e. orang Indonesia tidak bisa berbahasa Jepang
Jawaban : C

26. Pada 1943 Jepang melancarkan kampanye tentang romusha sebagai prajurit ekonomi atau pahlawan pekerja bagi kemenangan Perang Asia Timur Raya. Kampanye tersebut dilakukan karena ...
a. rakyat secara sukarela bergabung sebagai romusha
b. perlakuan Jepang terhadap romusha sangat buruk
c. banyak pemuda desa meninggalkan daerahnya
d. lahan pertanian rakyat menjadi tidak terurus
e. perekrutan romusha semakin sulit
Jawaban : E

27. Salah satu kebijakan Jepang di bidang pendidikan adalah menetapkan satu macam jenjang pendidikan dasar selama enam tahun. Dampak positif kebijakan ini adalah ...
a. rakyat Indonesia dapat menikmati dua jenjang pendidikan secara bersamaan
b. rakyat Indonesia diberi keleluasaan memilih jenjang pendidikan sesuai kemampuan
c. guru dapat memfokuskan kegiatan pembelajaran dalam satu jenjang pendidikan
d. diskriminasi di bidang pendidikan yang terjadi sejak masa kolonial Belanda dihapuskan
e. sistem pendidikan mulai menjangkau seluruh pelosok daerah di Indonesia
Jawaban : D

28. Selain dipicu oleh pengerahan romusha, perlawanan rakyat Aceh pada 1942 terjadi karena ...
a. penolakan atas kebijakan seikerei yyang diterapkan Jepang
b. penyerahan wajib hasil panen yang memberakan rakyat
c. pengambilalihan perkebunan- perkebunan milik Belanda
d. penangkapan ulama- ulama oleh pasukan Jepang
e. penghancuran masjid- masjid di wilayah Cot Plieng
Jawaban : A

29. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Ditawannya K.H. Zainal Mustafa oleh pasukan Jepang
2) Rakyat melawan karena dipaksa melakukan seikerei
3) Perlawanan bersenjata perlawanan rakyat Singaparna
4) K.H. Zainal Mustafa yang memimpin perlawanannya
5) Diawali dari serbuan Jepang terhadap masjid di Cot Plieng
Berdasarkan data tersebut pernyataan terkait perlawanan masyarakat Tasikmalaya terhadap Jepang ditunjukkan oleh angka ...
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 4)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)
Jawaban : C

30. Perlawanan rakyat Indramayu, Jawa Barat, terhadap Jepang dilatarbelakangi adanya ...
a. kewajiban melaksanakan seikerei
b. ketidakadilan dalam bidang ekonomi
c. pemberlakuan sistem ekonomi perang
d. kewajiban mengikuti pendidikan militer
e. kewajiban menyetorkan sebagian hasil padi
Jawaban : E

31. Salah satu kebijakan politik Jepang adalah menjalin kerja sama dengan tokoh- tokoh nasionalis. Kebijakan tersebut dilakukan karena ...
a. Jepang membentuk Chuo Sangi In yang berpusat di Pulau Jawa 
b. tokoh- tokoh nasionalis memiliki pengaruh kuat terhadap masyarakat Indonesia
c. banyak tokoh nasionalis menjadi tahanan politik pada masa kolonial Belanda
d. tokoh- tokoh nasionalis merupakan golongan yang propemerintah kolonial Jepang
e. pemerintah Jepang membutuhkan tokoh nasionalis sebagai pegawai Jepang
Jawaban : B

32.Pada akhir masa pendudukannya Jepang mulai mengubah arah kebijakan politik guna meraih simpati rakyat Indonesia. Bukti yang mendukung pernyataan tersebut adalah ...
a. produktivitas petani di wilayyah Jawa Tengah mengalami peningkatan
b. nama- nama kota di Indonesia yang didirikan Belanda diganti oleh Jepang
c. masuknya unsur- unsur budaya Jepang dalam lagu- lagu anak dan tari- tarian rakyat
d. jumlah orang Indonesia yang menjadi penasihat dalam pemerintahan Jepang meningkat
e. bahasa Indonesia dipergunakan sebagai bahasa sehari-hari dan bahasa pengantar di sekolah
Jawaban : D

33. Pada 20 Oktober 1943 Kantor Pengajaran Jepang di Jawa mendirikan Komisi Penyempurnaan Bahasa Indonesia. Komisi tersebut memiliki tugas untuk ...
a. mengawasi penggunaan bahasa Indonesia di sekolah-sekolah yang didirikan Jepang
b. menetapkan istilah modern dan menyusun tata bahasa Indonesia sesuai ketentuan
c. memudahkan pemerintah Jepang mengajak rakyat Indonesia untuk Perang Pasifik
d. mengawasi peredaran surat-surat kabar yang menggunakan bahasa Indonesia
e. meningkatkan kerja sama antara tokoh nasionalis dengan pemerintah Jepang
Jawaban : B

34. Perhatikan karya-karya sastra berikut!
1) Cinta Tanah Suci
2) Angin Fuji
3) Siap Sedia
4) Sebuah Lagu dalam Sandiwara
Karya sastra pada masa pendudukan Jepang yang tidak mendukung politik Jepang di Indonesia ditunjukkan oleh angka ...
a. 1), dan 2)
b. 1), dan 3)
c. 2), dan 3)
d. 2), dan 4)
e. 3), dan 4)
Jawaban :E

35. Lembaga Keimin Bunka Shidoso didirikan Jepang paaada 1 April 1943 di Jakarta. Lembaga tersebut didirikan Jepang dengan tujuan ...
a. mengajarkan bahasa Jepang kepada para pegawai pemerintahan
b. menetapkan nama- nama kota baru yang diganti oleh pemerintah Jepang
c. mengawasi karya para seniman agar sesuai dengan kepentingan Jepang
d. menetapkan bahasa Jepang sebagai bahasa pengantar di sekolah- sekolah
e. mengakomodasi kepentingan seniman yang sesuai dengan kepentingan Jepang
Jawaban : C

36. Pada masa pendudukannya di Indonesia, Jepang menerapkan kebijakan Japanisasi karena ...
a. budaya Belanda dinilai ketinggalan zaman dan bersifat negatif
b. budaya Belanda dianggap tidak sesuai dengan budaya Timur
c. Jepang berupaya meraih simpati bangsa Indonesia
d. Jepang menganggap kebudayaannya paling tinggi
e. Jepang berusaha menghapus pengaruh barat
Jawaban : E

37. Pada 7 September 1944 Perdana menteri Jepang, Kuniaki Koiso, memberikan janji kemerdekaan Indonesia pada kemudian hari. Keluarnya janji tersebut dilatarbelakangi oleh ...
a. propaganda Jepang yang memengaruhi rakyat Indonesia
b. keberhasilan Jepang merekrut romusha dalam jumlah besar
c. perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang
d. kondisi Jepang dalam Perang Pasifik yang semakin terdesak
e. tokoh- tokoh nasionalis yang bersedia bekerja sama dengan Jepang
Jawaban : D

38. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Diimplementasikan dengan pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
2) Merupakan janji untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia pada kemudian hari.
3) Memberikan wewenang kepada Marsekal Terauchi untuk menentukan waktu kemerdekaan bangsa Indonesia.
4) Bertujuan menarik simpati dan dukungan rakyat Indonesia untuk membantu Jepang dalam Perang Pasifik.
5) Dicetuskan pada 7 Sepetember 1944.
Pernyataan yang terkait dengan janji Koiso ditunjukkan olej angka ...
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 4)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)
Jawaban : D

39. Perhatikan tabel berikut!

Tokoh yang menjabat pimpinan Badan Penyelidik Usaha- Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) ditunjukkan oleh kombinasi ...
a. AI), A2), dan B1)
b. AI), A3), dan B2)
c. A2), A3), dan B3)
d. A3), B1), dan B2)
e. A3), B2), dan B3)
Jawaban : A

40. Sesaat setelah PPKI dibentuk, tiga pimpinan PPKI yaitu Soekarno, Moh. Hatta, dan Radjiman Wediodiningrat menemui Jendral Terauchi di Dalat, Vietnam. Pertemuan tersebut membahas tentang ...
a. pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia
b. kesepakatan mencegah kedatangan pasukan Sekutu
c. penegasan wilayah Indonesia saat merdeka
d. pembentukan Panitia Sembilan
e. pembentukan BPUPKI dan PPKI
Jawaban : C


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter