Soal
1.
Sekolah yang mengembangkan kebudayaan dalam pembentukan karakter kristiani akan
mengembangkannya berdasarkan....
a.
situasi sekolah
b.
kebutuhan sekolah
c.
kurikulum sekolah
d.
nilai-nilai kristiani
e.
nilai-nilai pancasila
2.
Salah satu tanggungjawab dan tugas orangtua adalah sebagai pengawas. Tokoh
Alkitab yang gagal menjadi pengawas di dalam keluarganya adalah....
a.
Ananias
b.
Mordekhai
c.
Abimelekh
d.
Abraham
e.
Imam Eli
3.
Adiez merasakan beratnya perjuangan sebagai mahasiswa Kristen. Ia jauh dari
keluarganya, tetapi ayah dan ibunya selalu mendukung untuk maju. Adiez berhasil
karena kedua orangtuanya menjadi....
a.
pendidik
b.
pendeta
c.
pengawas
d.
motivator
e.
konselor
4.
Hofni dan Pinehas menjadi anak-anak yang berani melanggar kekudusan Allah dan
mementingkan kepentingannya sendiri. Hal ini terjadi karena orangtuanya
mendidik dengan pola....
a.
otoriter
b.
otoriatif
c.
protektif
d.
memanjakan
e.
membiarkan
5.
Sebagai pengawas, orangtua harus menegur atau memberi sanksi sesuai disiplin
dalam keluarga jika Ronaldo melakukan keslahan. Alkitab mengingatkan jika marah
tidak boleh.... a. memukul sebagai hukuman
b.
marah sampai matahari terbenam
c.
membangkitkan amarah di hati anaknya
d.
menghukum sampai anak bertobat
e.
membiarkan jika tidak mau diatur
6.
Sebagai seorang sahabat yang penuh kasih terhadap anaknya, ibu Marta harus....
a.
menyelesaikan semua tugas anaknya
b.
mendengarkan cerita anaknya dengan sabar
c.
membiarkan anaknya belajar sendiri
d.
menemani anaknya pergi kemana saja
e.
meminjamkan uang kepada anaknya
7.
Hana menyerahkan Samuel agar bertumbuh mengenal Tuhan melalui asuhan imam Eli.
Hana mendukung perkembangan kepribadian Samuel. Pola yang diterapkan oleh Hana
adalah....
a.
memanjakan
b.
membiarkannya
c.
otoriter
d.
protektif
e.
otoriatif
8.
Yosua menjadi kepala keluarga yang diteladani keluarganya dengan keputusannya
tentang....
a.
hanya menyembah kepada Tuhan
b.
memasuki tanah Kanaan
c.
kewajibannya membinasakan Ai
d.
mengganti Musa memimpin Israel
e.
berani mengepung tembok Yeriko
9.
Keluarga adalah wadah utama dan pertama bagi pendidikan anak. Karena itu
keluarganya melakukan hal penting yaitu....
a.
rajin ke Gereja
b.
mencukupi kebutuhan
c.
masing- masing berdoa
d.
meletakkan dasar
e.
pasti menjadi berkat
10.
Ribka mengajari Yakub dalam segala hal. Hal ini menggambarkan bahwa Yakub
bettumbuh menjadi anak yang ....
a.
manja dan malas
b.
tidak punya inisiatif
c.
tidak bertanggungjawab
d.
bergantung kepada orangtua
e.
taat pada perintah ibu
11.
Sekolah dasar pada abad pertama Masehi yang berasal dari tradisi Yahudi
adalah....
a.
sinagoge
b.
Beth- sefer
c.
Beth - midrasah
d.
sekolah keluarga
e.
gereja mula-mula
12.
Rumah tempat para orangtua memberikan pengajaran kepada anak laki-laki pertama-
tama adalah....
a.
kemah
b.
bait suci
c.
sinagoge
d.
ruang atas
e.
rumah penduduk
13.
Orangtua mestinya memberikan dukungan , dorongan bagi kemajuan dan perkembangan
anak, orangtua melaksanakan tugasnya sebagai....
a.
teladan
b.
motivator
c.
sahabat
d.
inspirator
e.
konselor
14.
Cindy bertumbuh menjadi anak yang kurang bertanggungjawab dan tidak mandiri
sebab sejak kecil orangtuanya yang menentukan segala sesuatu untuk dirinya.
Pola didik dalam keluarga Cindy adalah pola didik....
a.
otoriatif
b.
otoriter
c.
protektif
d.
membiarkan
e.
memanjakan
15.
Lembaga pendidikan yang bertanggungjawab untuk memberikan materi ajar yang
lebih bersifat akademis dan berlaku secara universal adalah....
a.
keluarga
b.
sekolah
c.
masyarakat
d.
media massa
e.
balai pelatihan
16.
Evan mempunyai teman yang banyak, ia terkenal ramah dan tidak sombong. Teman-
temannyapun menyukainya. Ini terjadi karena orangtua Evan menanamkan
nilai-nilai....
a.
sosial
b.
agama
c.
moral
d.
susila
e.
etika
17.
Contoh lembaga pendidikan Formal adalah....
a.
balai pelatihan
b.
lembaga masyarakat
c.
berbagai media massa
d.
balai pelatihan negri
e.
sekolah dasar dan menengah
18.
Keluarga memberikan suasana cinta kasih yang murni sehingga anak bertumbuh sebagai
pribadi yang percaya diri dan menyayangi orang lain . Ini termasuk
tanggungjawab keluarga untuk menanamkan nilai-nilai....
a.
moral
b.
agama
c.
sosial
d.
spritual
e.
emosional
19.
Ayah dan ibu adalah figur yang akan diteladani dalam perkataan,sikap,perilaku
dan perbuatannya. Melalui figur tersebut anak belajar nilai-nilai....
a.
agama
b.
sosial
c.
moral
d.
spitual
e.
emosional
20.
Penciptaan telah dimulai dengan kebudayaan yang kudus di taman Eden, hingga
kebudayaan itu tercemar ketika....
a.
manusia jatuh kedalam dosa
b.
Adam ikut berdosa dengan Hawa
c.
ular menggoda Hawa
d.
manusia mengetahui ketelanjangannya
e.
manusia diusir dari taman Eden
21.
Kota ini penuh dengan patung berhala. Filsafat berkembang pesat di sana. Paulus
memanfaatkan konteks budayanya sehubungan dengan sebuah mezbah yang bertuliskan
“kepada allah yang tidak di kenal “ untuk mengabarkan injil. Ini terjadi di
kota....
a.
Yerusalem
b.
Athena
c.
Antiokhia
d.
Korintus
e.
Filipi
22.
Paulus mengingatkan jemaat untuk memperhatikan cara berpakaian dan
berpenampilan sebagai pengikut Kristus. Nasehat ini di tujukan kepada jemaat di
kota....
a.
Athena
b.
Filipi
c.
Korintus
d.
Yerusalem
e.
Antiokia
23.
Yang memandang Alkitab sebagai filsafat agung adalah seorang ahli hukum
gravitasi dan gerakan dinamika bernama....
a.
Francis bacon
b.
Michael Farady
c.
Isaac Newton
d.
John Herschel
e.
Samuel F.B.Morse
24.
Pak Salomo membakar selendang tenun, karena selendang tenun tersebut adalah
budaya suku. Sikap ini tergolong dalam sikap....
a.
antagonis
b.
dominasi
c.
akomodasi
d.
dualisme
e.
pengudusan
25.
Pelaksanaan adat istiadat dalam upacara pernikahan di Gereja dapat memberi
peluang terjadinya sinkritisme. Ini tergolong dalam sikap yang....
a.
antagonnis
b.
dominasi
c.
akomodasi
d.
dualisme
e.
pengudusan
26.
Tokoh yang menjadi teladan dalam pembaruan dan perubahan kebudayaan dengan
mempertahankan kebenaran sejati adalah....
a.
Paulus
b.
Petrus
c.
Nikodemus
d.
Tuhan Yesus
e.
para rasul
27.
Pada abad pertengahan keterlibatan Gereja dalam pengembangan ilmu pengetahuan
sangat menonjol, yaitu....
a.
menentukan teori ilmu pengetahuan
b.
menentang teori kemanusiaan
c.
menentukan benar tidaknya suatu teori
d.
memberikan jaminan kepada para ilmuwan
e.
menghapus ilmu pengetahuan untuk mengutamakan hal iman
28.
“Alkitab dan hanya Alkitab, tanpa penambahan dan pengurangan apapun oleh
manusia, adalah satu-satunya tuntunan yang memadai bagi setiap pribadi,
sepanjang waktu dan setiap keadaan. Iman kepada ketuhanan dan pekerjaan Kristus
adalah pemberian Allah.dan bukti dari iman ini adalahketaatan kepada
perintah Kristus” Ini adalah pernyataan dari....
a.
Isaac Newton
b.
Francis Bacon
c.
Michael Paraday
d.
John Heschel
e.
Samuel F.B.Morse
29.
Di samping hukum alam, ada hukum yang lebih tinggi yaitu hukum illahi yang
dinyatakan oleh Allah. Pada abad pertengahan gereja menguasai seluruh
kebudayaan karena menganggap bahwa sekalipun manusia jatuh kedalam dosa, tetapi
manusia masih memiliki kehendak bebas yang mandiri. Ini menggambarkan sikap
gereja, yaitu....
a.
dominasi
b.
antagonis
c.
akomodasi
d.
dualisme
e.
pengudusan
30.
Gereja terpisah dari kebudayaan, namun tidak saling bertentangan, sehingga
orang Kristen dapat berada di dalam kebudayaan sekaligus juga dalam anugrah
Allah. Ini adalah sikap gereja yaitu...
a.
dominasi
b.
dualisme
c.
akomodasi
d.
antagonis
e.
pengudusan
31.
Tarian daerah dibarui untuk digunakan dalam pelayanan Gereja, termasuk dalam
sikap....
a.
dominasi
b.
dualisme
c.
akomodasi
d.
antagonis
e.
pengudusan
32.
Standar kebenaran yang digunakan untuk menentukan benar tidaknya suatu teori
adalah....
a.
tradisi
b.
Alkitab
c.
kebutuhan
d.
keahlian
e.
keseimbangan alam
33.
Kebudayaan adalah pengerjaan ( pengusahaan, pengelolaan ) kemungkinan-
kemungkinan dalam alam ciptaan oleh manusia. Defenisi ini adalah pendapat....
a.
Merville J Herskovits
b.
Bronislaw Malinowski
c.
J. Verkuyl
d.
John way
e.
Martin Luther
34.
Allah menciptakan manusia bukan hanya sebagai mahluk paling mulia di atas
segala mahluk ciptaan lain, tetapi juga yang paling agung dan di lengkapi akal
budi. Ini yang menyebabkan manusia dapat mengembangkan....
a.
keagamaan
b.
ilmu pengetahuan
c.
pengalaman pribadi
d.
tuntunan zaman ini
e.
kemampuan manusiawinya
35.
Dengan perkembangan ilmu pengetahuan, manusia bisa menjadi pribadi yang merasa
tidak membutuhkan Tuhan. Ini terlihat melalui sikapnya, yaitu....
a.
mengabaikan Tuhan dalam setiap rencananya
b.
bekerja keras agar hasil usahanya berhasil
c.
bekerja secara profesional
d.
meningkatkan kemampuan agar tetap dikenal
e.
pengembangan diri secara profesional
36.
Manusia dapat menentukan sikap yang benar sesuai Alkitab dalam mengembangkan
ilmu pengetahuan dan tehnologi apabila ia....
a.
berpedoman pada Alkitab
b.
menyesuaikan dengan budaya
c.
mengikuti perkembangan tehnologi
d.
memahami semua ilmu pengetahuan
e.
mempunyai wawasan yang luas
37.
Sikap yang benar dari dari warga gereja untuk menghadapi kebudayaan dalam
kehidupan sehari-hari adalah....
a.
membuang budaya
b.
gaya hidup instan
c.
memisahkan budaya dari gereja
d.
menggunakan budaya yang benar
e.
memilih salah satu dari budaya
38.
Perintah Allah kepada manusia untuk menahlukkan bumi dan menguasainya,
mengandung pengertian bahwa manusia diizinkan Tuhan untuk....
a.
menggunakan alam, Tuhan yang memelihara
b.
mengolah alam untuk menerima kekayaan
c.
melakukan apa saja untuk memperoleh alam semesta
d.
memanfaatkan alam semesta demi modernisasi
e.
mengolah alam semesta untuk kehidupannya
39.
Dia dihukum oleh Gereja karena dianggap menentang ajaran Gereja meskipun di
kemudian hari bahkan sampai saat ini kita semua tahu bahwa teorinyalah
yang benar. Ini adalah pengalaman....
a.
Nicolas Copernicus
b.
Martin Luther
c.
Paus Yohanes Hus
d.
Galileo
e.
Abraham Lincoln
40.
Manusia diberi kebebasan oleh Allah untuk menguasai alam semesta termasuk
mengembangkan kebudayaan. Hal ini merupakan amanat kebudayaan yang tertulis
dalam....
a.
Kejadian 1: 6
b.
Kejadian 1 : 28
c.
Kejadian 2 :18
d.
Kejadian 2 : 24
e.
Kejadian 2 : 25
Kunci
Jawaban
1
|
D
|
11
|
B
|
21
|
B
|
31
|
E
|
2
|
E
|
12
|
C
|
22
|
C
|
32
|
B
|
3
|
D
|
13
|
B
|
23
|
C
|
33
|
C
|
4
|
E
|
14
|
B
|
24
|
A
|
34
|
B
|
5
|
B
|
15
|
B
|
25
|
C
|
35
|
A
|
6
|
B
|
16
|
E
|
26
|
D
|
36
|
A
|
7
|
E
|
17
|
E
|
27
|
E
|
37
|
D
|
8
|
A
|
18
|
D
|
28
|
C
|
38
|
E
|
9
|
D
|
19
|
C
|
29
|
A
|
39
|
B
|
10
|
D
|
20
|
A
|
30
|
B
|
40
|
B
|
Post a Comment
Post a Comment