Iklan

Ad Unit (Iklan) BIG

Materi Tes Intelegensi Umum : Jarak, Waktu, & Kecepatan

Post a Comment

A. Rumus Umum
B. Kecepatan Rata-rata
Merupakan besarnya perpindahan sebuah benda tiap satuan waktu. Kecepatan rata-rata diperoleh dengan cara membagi besarnya perpindahan total dengan waktu tempuh total.
C. Saling Menyusul
Jika A bergerak dengan kecepatan V1 dan B bergerak dengan kecepatan V2 (dimana V2 > V1) dalam lintasan dan arah yang sama tetapi dengan selisih waktu Ät, maka waktu yang diperlukan oleh B untuk menyusul A dirumuskan dengan:
D. Saling Berpapasan
Jika A bergerak dengan kecepatan V1 dan B bergerak dengan kecepatan V2 dalam arah yang berlawanan dan memulai perjalanan dalam waktu yang sama maka waktu yang diperlukan oleh A dan B untk berpapasan dirumuskan dengan :
E. Resultan Kecepatan dan Resultan Waktu
Jika V1 adalah kecepatan orang pertama untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, V2 adalah kecepatan orang kedua, dan V3 adalah kecepatan orang ketiga, dan seterusnya, maka resultan kecepatan dirumuskan dengan :

Contoh kecepatan resultan:
Mesin A dapat membuat 600 baut tiap 12 menit, sedangkan mesin B dapat membuat 450 baut tiap 15 menit. Tentukan berapa menit waktu yang diperlukan oleh kedua mesin untuk membuat 2.800 baut?
Jawab :
V1 = 600 𝑏𝑎𝑢𝑡/12 𝑚𝑒𝑛𝑖𝑡 = 50 baut/menit
V2 = 450 𝑏𝑎𝑢𝑡/15 𝑚𝑒𝑛𝑖𝑡 = 30 baut/menit
Vtotal = V1 + V2 = 80 baut/menit
Maka :
80 × t = 2.800
t = 35 menit

Resultan Waktu
Jika t1 adalah waktu yang dibutuhkan orang pertama untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, t2 adalh waktu yang diperlukan oleh orang kedua untuk menyelesaikan pekerjaan yang sama, t3 adalah waktu yang diperlukan oleh orang ketiga dan seterusnya. Maka resultan waktu dirumuskan:

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter