Iklan

Ad Unit (Iklan) BIG

Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian : Pengertian, Tahapan, Jenis, Media, Peran, & Faktor

Post a Comment

A. Proses Sosialisasi
Secara sederhana sosialisasi dapat diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup yang berkenaan dengan bagaimana individu mempelajari cara-cara hidup serta nilai dan norma sosial yang terdapat dalam kelompoknya
agar dapat berkembang menjadi pribadi yang dapat diterima oleh kelompoknya.

Proses sosialisasi berlangsung dalam tahap-tahap berikut.
1. Tahap Persiapan (Preparatory Stage)
Dialami sejak manusia dilahirkan, untuk memperoleh pemahaman tentang diri sendiri dan mulai melakukan kegiatan meniru meskipun tidak sempurna atau meniru tanpa mengetahui maksud dari perilaku tersebut.

2. Tahap Meniru (Play Stage)
Tahap ini ditandai dengan semakin sempurnanya seorang anak meniru peran yang dilakukan oleh orang dewasa.

3. Tahap Siap Bertindak (Game Stage)
Pada tahap ini peniruan yang dilakukan sudah mulai berkurang dan digantikan oleh peran secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran.

4. Tahap Penerimaan Norma Kolektif (Generalized Stage)
Pada tahap ini seseorang telah dianggap dewasa dan mampu menempatkan dirinya pada masyarakat secara luas.

B. Jenis Sosialisasi
1. Sosialisasi Primer
Terjadi pada usia 1-5 tahun dan merupakan proses sosialisasi di lingkungan keluarga, dalam tahap ini peran orang-orang terdekat sangat penting dan akan menjadi ciri mendasar kepribadian anak setelah dewasa.
2. Sosialisasi Sekunder
Kelanjutan dari proses sosialisasi primer yang memperkenalkan individu ke dalam kelompok atau masyarakat. Dalam proses sosialisasi ini yang berperan adalah orang lain seperti teman sebaya dan teman sepermainan.
 
C. Media Sosialisasi
1. Keluarga
Peran agen sosialisasi dalam keluarga pada tahap awal sangat besar karena anak sepenuhnya berada dalam lingkungan keluarganya terutama orang tuanya sendiri, sehingga ia dapat membedakan dirinya (mengenal dirinya) dengan orang lain.
2. Sekolah
Sekolah memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan siswa serta membentuk kepribadian agar sesuai dengan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat.
3. Teman Bermain
Dialami anak setelah ia mampu bepergian keluar rumah dan puncaknya adalah pada saat remaja. Anak dapat mempelajari peranan orang-orang yang kedudukannya sederajat.
4. Media Massa
Besarnya pengaruh sangat tergantung pada kualitas dan frekuensi pesan yang disampaikan. Media massa dapat dipergunakan untuk mempengaruhi bahkan mengubah pendapat umum.
 
D. Peran Sosialisasi dalam Pembentukan Kepribadian

Interaksi sosial merupakan inti dari semua kehidupan bermasyarakat, baik antarindividu maupun interaksi dengan kelompok akan melahirkan suatu proses yang dinamakan sosialisasi. Dalam bersosialisasi, dipelajari berbagai nilai, norma, dan pola-pola perilaku individu maupun kelompok yang lambat laun nilai-nilai dan norma-norma yang diserap menjadi bagian dari kepribadian.

Proses sosialisasi jika berlangsung dengan baik maka akan baik pula kepribadian seseorang, begitu juga sebaliknya. Kepribadian seseorang juga dipengaruhi nilai dan norma sosial kebudayaan yang berlaku di lingkungan sekitar.

E. Faktor-faktor Pembentukan Kepribadian

1. Faktor Biologis
Warisan biologis seseorang bersifat unik. Artinya tidak seorang pun yang mempunyai karakteristik fisik yang sama bahkan anak kembar sekali pun dan hal lain yang mempengaruhi kepribadian seseorang adalah kematangan biologis.

2. Faktor Lingkungan Alam
Adanya perbedaan iklim, topografi dan SDA menyebabkan manusia harus menyesuaikan diri terhadap alam dan akhirnya mempengaruhi kepribadian orang tersebut.

3. Faktor Lingkungan Sosial
Lingkungan sosial seperti keluarga, sekolah, tempat kerja, dan masyarakat luas juga dapat mempengaruhi kepribadian. Hal ini disebabkan setiap kelompok mempunyai nilai dan norma yang disosialisasikan oleh anggotanya.

4. Faktor Lingkungan Budaya
Perbedaan kebudayaan dalam setiap masyarakat dapat mempengaruhi kepribadian seseorang, misal kebudayaan masyarakat Asia tentu memperlihatkan corak kepribadian yang berbeda dengan kebudayaan masyarakat Eropa.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter